Fotografi Foto Produk

Dalam proses fotografi foto produk, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan. Ketiga hal itu adalah:

1. Tata letak produk.
Letakkan produk sebaik mungkin. Tertata rapi. Pastikan hal-hal detail produk ingin diinformasikan jangan sampai tertutup dan tidak terekam kamera.
Untuk pelengkap, jika diperlukan, gunakan aksesoris yang mendukung kesan yang ingin diberikan pada foto produk itu.

2.  Pencahayaan.
Hal yang penting dari fotografi adalah pencahayaan. Karena sebenarnya foto merupakan lukisan dari cahaya yang ditangkap oleh kamera. Perhatikan intensitas cahaya, sumber cahaya dan arah cahaya.

Intensitas Cahaya
Cahaya yang jatuh ke produk harus cukup terang. Ini penting untuk memudahkan fotografi.
Bisa saja dilakukan pemotretan dengan intensitas cahaya yang rendah, dengan settingan kamera yang baik. Tapi sebaiknya intensitas cahaya cukup terang, agar dengan kamera handphone yang digunakan sekalipun gambar bisa tetap baik.
Usahakan untuk mendapatkan intensitas cahaya yang cukup terang, lembut dan merata.

Sumber Cahaya
Ada banyak sumber cahaya yang bisa digunakan. Salah satunya lampu flash yang ada di kamera itu sendiri. Tapi sebaiknya jangan digunakan. Kenapa? Karena akan membuat foto produk terlihat flat/ datar.
Cahaya keras yang datang dari satu arah langsung menuju produk, searah dengan arah kamera mengambil gambar, akan membuat foto menjadi terkesan datar.
Kalau memungkinkan gunakan flash yang terpisah dengan kamera. Lakukan dengan teknik memantulkan cahaya flash ke langit langit atau dinding, sehingga cahaya yang diterima produk lebih lembut dan merata.
Kalau tidak ada flash yang terpisah, gunakan lampu PLC (lampu yg letter U) atau lampu spiral yang biasa dipakai di rumah.

Arah Cahaya
Sebisa mungkin tidak menantang arah datangnya sumber cahaya.
Dan perhatikan juga jatuhnya bayangan akibat cahaya, tidak mengenai bagian dari produk.
Bila memungkinkan, gunakan beberapa sumber cahaya dari beberapa arah, agar cahaya lebih menyebar merata.

Tips pengaturan kamera agar kamera menyerap cahaya yang masuk tidak terlalu banyak/ terang ataupun kurang/ gelap, dapat dilihat di artikel teknik foto produk.

3. Fokus
Teknik fotografi harus lah benar. Jika pusing menyetel kamera, gunakan autofokus. Penjelasan teknik fotografi dengan kamera DSLR maupun kamera poket/ kamera saku akan dibahas di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar